MONUMEN JOGJA KEMBALI ( MONJALI )

 on Rabu, 16 September 2015  

                Monjali atau Monumen Jogja Kembali merupakan salah satu ikon tempat wisata di Yogyakarta yang bernuansa sejarah perjuangan. Monjali mulai dibangun pada 29 Juni 1985.
Mengunjungi Monumen Jogja Kembali seperti kita sedang mengulang kembali pelajasarn sejarah di bangku SD, SMP. Monjali merupakan monumen yang sengaja dibangun untuk
memperingati perebutan kembali Kota Yogyakarta setelah Belanda kembali menjajah Indonesia pasca 1945. Perebutan kembali Yogyakarta yang mana menunjukkan bahwa Indonesia benar-benar berdaulat dan tidak mau dijajah serta ingin merdeka. Praktis, penjajah Belanda kalah  dan Yogya kembali ke Indonesia. Oleh karenanya dinamakan Monumen Jogja Kembali.
Tak kurang dari 1000 koleksi diorama yang mengisahkan Serangan Umum 1 Maret 1949. Bangunan Monjali tampak unik. Saat menyusuri Ring Road Utara, dari kejauhan sudah tampak bangunan berbentuk tumpeng berwarna putih dengan tinggi sekitar 32 meter. Itulah Monumen Jogja Kembali. Di bagian luar monumen sebelum pintu masuk, terdapat dua buah pesawat yang digunakan dalam pembebasan Yogyakarta. Ada juga meriam bergerak dipajang disana.




                   

                 Monjali dibangun diatas lahan seluas 5,6 hektar. Sebagaimana filosofi jawa kuno, Monjali didesain dengan empat pintu masuk sesuai arah mata angin.Pintu barat dan timur menuju museum di lantai satu. Pintu utara dan selatan menuju musuem di lantai dua. Museum di lantai dua berisi relief dan diorama. Monumen Jogja Kembali ber lantai tiga. lantai teratas adalah ruang hening yang hanya berisi Bendera Merah Putih perlambang Indonesia dan sekaligus menghayati perjuangan yang tergambar di lantai satu dan dua.
Monumen Jogja Kembali terletak di Jalan Lingkar Utara (RIng Road Utara), di Kelurahan Jongkang, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman. Dengan posisi yang strategis ini, Monjali bisa diakses dari manapun baik dengan kendaraan umum atau kendaraan pribadi.
Itulah monjali yang terkenal di kalangan pelajar dan wisatawan pecinta sejarah. Wisata ke monjali


Tiket Masuk

Monumen ini dibuka setiap hari Selasa – Minggu pada jam 08.00- 16.00 WIB tetapi pada masa liburan sekolah monumen ini juga buka pada hari Senin dari jam 08.00- 14.00 WIB. Dengan biaya masuk Rp 5.000 untuk dewasa dan Rp 7.500 untuk wisatawan asing tempat ini layak untuk dijadikan tempat kunjungan wisata anda bersama keluarga.


Sumber : sekitar ngaglik dan google


MONUMEN JOGJA KEMBALI ( MONJALI ) 4.5 5 Unknown Rabu, 16 September 2015                 Monjali  atau Monumen Jogja Kembali merupakan salah satu ikon  tempat wisata  di Yogyakarta yang bernuansa sejarah perjuan...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TRIMAKASIH

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

J-Theme